Nama Sekolah : SDI Integral Lukman al-hakim
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV / I
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif Materi Pokok Indikator Pencapaian Kompetensi Gagasan Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1. Mende-ngarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah 1.1 Membuat gambar/ Denah berdasarkan penje-lasan yang di dengar Bersahabat/ komuniktif • Percaya Diri
Denah Membuat gambar / denah
secara terpercaya, ( NK, dapat dipercaya ( trustworthi-nes) • Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan secara terpercaya, ( NK, dapat dipercaya ( trustworthi-nes)
• Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar secara tulus ( NK, Ketulusan ( Honesty )
• Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah dengan berani, ( NK, Berani ( courage )
• Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat dengan tanggung jawab ( NK, Tanggung jawab ( responsibility )
Tertulis dan penam-pilan Uraian dan Lembar observasi • Buatlah denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
• Jelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat!
2 x 35 menit • Teks,
• Bina Bahasa Indonesia
• Kurikulum 2006 KTSP
1.2 Menjelas-kan kem-bali seca-ra lisan atau tertu lis penje-lasan tentang simbol daerah / lambang korps Bersahabat/ komuniktif • Percaya Diri
Lambang • Menjelaskan secara lisan arti lambang • Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
• Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
• Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
• Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka.
Tertulis, penampilan Uraian dan Lembar observasi • Tuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci !
• Jelaskan secara lisan arti lambang Pramuka !
2 x 35 menit Buku Bina Bahasa 4A hal.18 – 19
2. Berbicara
Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat 2.1 Mendes-krifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar
dengan
kalimat yang
runtut
Bersahabat/ komuniktif • Percaya Diri
Denah lokasi • Mendeskrifsikan tempat sesuai denah • Mengamati gambar denah
• Menjelaskan tempat berdasarkan denah Tertulis dan pe-nampilan Uraian • Jelaskan tempat berdasarkan denah! 2 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 80 – 81
2.2 Menjelas-kan petun-juk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
Bersahabat/ komuniktif • Percaya Diri
Percakapan tentang
Pengguna
an alat • Menjelas-kan petunjuk penggunaan • Memperagakan percakapan
• Menjawab pertanyaan
• Menjelaskan kembali petunjuk penggunaan alat sesuai teks percakapan
Tertulis dan penampil-an Uraian • Jelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar! 2 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 33 – 34.
3. Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi 3.1 Menemu-kan piki-ran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas Bersahabat/ komuniktif • Percaya Diri
Teks panjang • Menemukan pikiran pokok teks • Membaca sekilas teks bacaan yang berjudul ”Pensil Ajaib”
• Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
• Menemukan pikiran pokok bacaan masing-masing paragraf
• Membuat kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan Tertulis Lembar observasi • Buatlah kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan! 2 x 35 menit Buku Bina Bahasa 4A hal. 34 – 37.
3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca Bersahabat/ komuniktif • Percaya Diri
Teks berisi petunjuk • Melakukan sesuatu sesuai petunjuk • Membaca sekilas
• Menjawab pertanyaan
• Mencatat petunjuk dalam bacaan
• Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca
Proses dan produk Lembar observasi • Lakukanlah sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca
2 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 81 – 82
3.3 Menemu-kan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ ensiklopedia melalui membaca memindai Bersahabat/ komuniktif • Percaya Diri
Kamus/en-siklopedia anak nasional • Menemukan makna dan infor-masi dalam kamus / ensiklopedia • Membaca teks yang berjudul ”Kereta Api Dulu dan Sekarang”
• Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
• Menjelaskan cara menggunakan kamus
• Membuat daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus
Proses dan produk Tertulis dan penampil-an • Jelaskan cara menggunakan kamus!
• Buatlah daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus!
4 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 48 – 49
4. Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat 4.1 Meleng-kapi per-cakap an yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua dan tanda etik) Bersahabat/ komuniktif • Percaya Diri
Percakapan rumpang • Melengkapi percakapan rumpang • Membaca teks percakapan yang berjudul”Calon Ilmuan”
• Menjawab per-tanyaan sesuai isi percakapan
• Melengkapi percakapan rumpang.
• Memberi tanggapan terhadap pokok permasalahan
• Menggunakan tanda titik dua (:) dan tanda titik dalam kalimat
Proses dan produk Tertulis • Jawablah pertanyaan sesuai isi percakapan! 4 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 50 – 54.
4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu Bersahabat/ komuniktif • Percaya Diri
Petunjuk melakukan sesuatu • Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu • Membaca teks berisi petunjuk melakukan suatu percobaan
• Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu sesuai gambar
• Menulis petunjuk melakukan sesuatu
Tertulis Tertulis dan penampil-an • Tulislah petunjuk melakukan sesuatu 4 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 83 – 86
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan meng-gunakan kata atau kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu Bersahabat/ komuniktif • Percaya Diri
Cerita rumpang • Melengkapi cerita rumpang • Membaca cerita yang rumpang ”Celengan Beni”
• Melengkapi cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat.
• Menggunakan tanda titik dan tanda baca lainnya dalam konteks kalimat atau teks bacaan. Tertulis Tertulis dan penampil-an • Lengkapi-lah cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat!
4 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4° hal. 126 – 129
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhati-kan peng-gunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll) Bersahabat/ komuniktif • Percaya Diri
Contoh surat pribadi • Menulis surat untuk teman sebaya • Membaca contoh surat untuk teman sebaya
• Menggunakan tanda koma untuk memisah-kan kata-kata dalam suatu pemerincian
• Membubuhkan tanda koma dalam kalimat
• Menulis bagian-bagian surat
• Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
Tertulis Tertulis dan penampil-an • Tulislah surat untuk teman sebaya tentang pengala-man!
4 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 98 – 100
Mengetahui, Kepala Sekolah
M.Siddiq.Mpd
...............................................
NIP / NIK : Batam, Juni, 2014
Guru Bahasa Indonesia
...............................................
NIP / NIK :
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDI Integral Lukman Al-hakim
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif Indikator Pencapaian Kompetensi Gagasan Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
2 Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara 1.1 Menang-gapi penje-lasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
• Teks penjelasan nara sumber • Bersahabat/komunikatif
• Cinta tanah air • Kepemimpinan
• Tanggung jawab • Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
• Siswa dapat menanggapi pernyataan.
• Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
• Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
• Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber. • Mendengarkan penjelasan.
• Menananggapi pernyataan.
• Menanggapi. penjelasan nara sumber.
• Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
• Menceriterakan penjelasan nara sumber.
• Lisan.
• Tertulis Lembar penilaian
Produk • Tanggapi-lah penje-lasan nara sumber!
1x pertemuan
2 x 35 menit • Kaset/CD/
• TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3.
2.2 Menceri-terakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar . • Teks Laporan Hasil Kunjungan • Bersahabat/komunikatif
• Cinta tanah air • Kepemimpinan
• Tanggung jawab • Siswa dapat memahami laporan hasil kunjungan.
• Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan dengan benar.
• Siswa dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar.
• Siswa dapat menanggapi isi laporan kunjungan.
• Memahami laporan hasil kunjungan.
• Membuat laporan hasil kunjungan.
• Menyampaikan hasil laporan kunjungan.
• Menanggapi isi laporan kunjungan.
• Lisan
• Tertulis
• Portofolio Lembar penilaian
Produk • Buatlah laporan hasil kunjungan! 1 x pertemuan
2 x 35 menit Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 85-87
2.3 Berwa-wancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. Teks wawancara • Bersahabat/komunikatif
• Cinta tanah air • Kepemimpinan
• Tanggung jawab • Siswa dapat memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.
• Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
• Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber.
• Siswa dapat menggunakan kata Tanya dengan tepat.
• Siswa dapat membuat kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat.
• Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.
• Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara..
• Melakukan wawancara dengan nara sumber.
• Menggunakan kata Tanya dengan tepat dalam kalimat.
• Lisan
• Tertulis
• Penugasan
• Portofolio Lembar penilaian
Produk • Tulislah daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara! 1 x pertemuan
2 x 35 menit Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 51-54
Mengetahui, Kepala Sekolah
M.Siddiq.Mpd
...............................................
NIP / NIK : Batam, juni, 2014
Guru Bahasa Indonesia
...............................................
NIP / NIK :
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDI Integral Lukman Al-hakim
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif Indikator Pencapaian Kompetensi Gagasan Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
4. Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis 4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.
• Teks Karangan • Bersahabat/komunikatif
• Cinta tanah air • Kepemimpinan
• Tanggung jawab • Siswa dapat menentukan judul karangan.
• Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
• Siswa dapat menulis karangan berdasar-kan penga-laman.
• Siswa dapat membaca karangan yang dibuat.
• Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”. • Menentukan judul karangan.
• Melengkapi bagian awal, tengah, akhir cerita.
• Menulis karangan berdasarkan pengalaman.
• Membaca karangan yang dibuat sendiri.
• Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.
• Tertulis
• Potofolio Lembar penilaian
Produk • Tulislah karangan berdasar-kan penga-laman! 1 x pertemuan
2 x 35 menit Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia hal. 121-124.
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara keagama-an, kegia-tan seko-lah, kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.
• Teks Undangan Resmi • Bersahabat/komunikatif
• Cinta tanah air • Kepemimpinan
• Tanggung jawab • Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
• Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.
• Memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
• Melengkapi surat undangan dengan tepat.
• • Tertulis
• Portofolio Lembar penilaian
Produk • Lengkapi-lah surat undangan resmi dengan tepat!
1 x pertemuan
2 x 35 menit Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia hal. 138-140
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya. • Teks Dialog • Bersahabat/komunikatif
• Cinta tanah air • Kepemimpinan
• Tanggung jawab • Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog.
• Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.
• Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
• Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas.
• Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
• Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
• Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda seru ( ! ) • Membaca contoh dan kesimpulan dialog.
• Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog.
• Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
• Memperagakan dialog yang dibuat.
• Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
• Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
• Membuat kalimat seru.
• Tertulis
• Tertulis
• Penugasan Lembar penilaian
Produk • Tulislah dialog dengan tema yang telah di tentukan berdasar-kan gambar!
• Peraga-kanlah percaka-pan dan menyimpulkan isi percakapan! 1 x pertemuan
2 x 35 menit Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia hal. 105-108
Mengetahui,
Kepala Sekolah Mustaqim
...............................................
NIP / NIK : Batam, juni, 2014
Guru Bahasa Indonesia
...............................................
NIP / NIK :
0 komentar:
Posting Komentar