Home » » Silabus pembelajaran bahasa dan satra

Silabus pembelajaran bahasa dan satra

SILABUS  PEMBELAJARAN BAHASA DAN SATRA INDONESIA


Nama Sekolah    : SDI Integral Lukman al-hakim
Mata Pelajaran   :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :   IV / I

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif Materi Pokok Indikator Pencapaian Kompetensi Gagasan Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1. Mende-ngarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah 1.1 Membuat gambar/ Denah berdasarkan penje-lasan yang di dengar Bersahabat/ komuniktif Percaya Diri
Denah Membuat gambar / denah
secara terpercaya, ( NK, dapat dipercaya ( trustworthi-nes) Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi    Perkemahan secara terpercaya, ( NK, dapat dipercaya ( trustworthi-nes)
Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar secara tulus ( NK, Ketulusan ( Honesty )
Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah dengan berani, ( NK, Berani ( courage )
Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat dengan tanggung jawab ( NK, Tanggung jawab ( responsibility )
Tertulis dan penam-pilan Uraian dan Lembar observasi Buatlah denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
Jelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat!
2 x 35 menit Teks,
Bina Bahasa Indonesia
Kurikulum 2006 KTSP
1.2 Menjelas-kan kem-bali seca-ra lisan atau tertu      lis penje-lasan tentang simbol daerah / lambang korps Bersahabat/ komuniktif Percaya Diri
Lambang Menjelaskan secara lisan arti lambang Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka.
Tertulis, penampilan Uraian dan Lembar observasi Tuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci !
Jelaskan secara lisan arti lambang Pramuka !
2 x 35 menit Buku Bina Bahasa 4A hal.18 – 19
2. Berbicara
Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat 2.1 Mendes-krifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar
      dengan
      kalimat yang
      runtut
Bersahabat/ komuniktif Percaya Diri
Denah lokasi Mendeskrifsikan tempat sesuai denah Mengamati gambar denah
Menjelaskan tempat berdasarkan denah Tertulis dan pe-nampilan Uraian Jelaskan tempat berdasarkan denah! 2 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 80 – 81
2.2 Menjelas-kan petun-juk       penggunaan suatu       alat  dengan bahasa        yang baik dan benar
Bersahabat/ komuniktif Percaya Diri
Percakapan tentang
Pengguna
an alat Menjelas-kan petunjuk penggunaan Memperagakan percakapan
Menjawab pertanyaan
Menjelaskan kembali petunjuk penggunaan alat sesuai teks percakapan
Tertulis dan penampil-an Uraian Jelaskan petunjuk       penggunaan suatu       alat  dengan bahasa        yang baik dan benar! 2 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 33 – 34.
3. Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi 3.1 Menemu-kan piki-ran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas Bersahabat/ komuniktif Percaya Diri
Teks panjang Menemukan pikiran pokok teks Membaca sekilas teks bacaan yang berjudul ”Pensil Ajaib”
Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
Menemukan pikiran pokok bacaan masing-masing paragraf
Membuat kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan Tertulis Lembar observasi Buatlah  kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan! 2 x 35 menit Buku Bina Bahasa 4A hal. 34 – 37.





3.2 Melakukan sesuatu       berdasarkan petunjuk      pemakaian yang dibaca Bersahabat/ komuniktif Percaya Diri
Teks berisi petunjuk Melakukan sesuatu sesuai petunjuk Membaca sekilas
Menjawab pertanyaan
Mencatat petunjuk dalam bacaan
Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca
Proses dan produk Lembar observasi Lakukanlah  sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca
2 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 81 – 82
3.3 Menemu-kan makna      dan informasi secara       tepat dalam kamus/ ensiklopedia melalui       membaca memindai Bersahabat/ komuniktif Percaya Diri
Kamus/en-siklopedia anak nasional Menemukan makna dan infor-masi dalam kamus / ensiklopedia Membaca teks yang berjudul ”Kereta Api    Dulu dan Sekarang”
Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
Menjelaskan cara menggunakan kamus
Membuat daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus
Proses dan produk Tertulis dan penampil-an Jelaskan cara menggunakan kamus!
Buatlah daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus!
4 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 48 – 49


4. Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat 4.1 Meleng-kapi per-cakap       an yang belum selesai       dengan memperhatikan penggunaan ejaan       (tanda titik dua dan       tanda etik) Bersahabat/ komuniktif Percaya Diri
Percakapan rumpang Melengkapi percakapan rumpang Membaca teks percakapan yang berjudul”Calon Ilmuan”
Menjawab per-tanyaan sesuai isi percakapan
Melengkapi percakapan rumpang.
Memberi tanggapan terhadap pokok permasalahan
Menggunakan tanda titik dua (:) dan tanda titik dalam kalimat
Proses dan produk Tertulis Jawablah pertanyaan sesuai isi percakapan! 4 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 50 – 54.





4.2 Menulis petunjuk untuk       melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu Bersahabat/ komuniktif Percaya Diri
Petunjuk melakukan sesuatu Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu Membaca teks berisi petunjuk melakukan suatu percobaan
Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu sesuai gambar
Menulis petunjuk melakukan sesuatu
Tertulis Tertulis dan penampil-an Tulislah petunjuk melakukan sesuatu 4 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 83 – 86
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan meng-gunakan kata atau kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu Bersahabat/ komuniktif Percaya Diri
Cerita rumpang Melengkapi cerita rumpang Membaca cerita yang rumpang ”Celengan Beni”
Melengkapi cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat.
Menggunakan tanda titik dan tanda baca lainnya dalam konteks kalimat atau teks bacaan. Tertulis Tertulis dan penampil-an Lengkapi-lah cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat!
4 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4° hal. 126 – 129
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang       pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhati-kan peng-gunaan ejaan       (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll) Bersahabat/ komuniktif Percaya Diri
Contoh surat pribadi Menulis surat untuk teman sebaya Membaca contoh surat untuk teman sebaya
Menggunakan tanda koma untuk memisah-kan kata-kata dalam suatu pemerincian
Membubuhkan tanda koma dalam kalimat
Menulis bagian-bagian surat
Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
Tertulis Tertulis dan penampil-an Tulislah surat untuk teman sebaya tentang pengala-man!
4 x 35 menit Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 98 – 100








Mengetahui, Kepala Sekolah
M.Siddiq.Mpd



...............................................
NIP / NIK : Batam, Juni, 2014
Guru Bahasa Indonesia



...............................................
NIP / NIK :
 
SILABUS  PEMBELAJARAN


Nama  Sekolah :  SDI Integral Lukman Al-hakim
Mata  Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif Indikator Pencapaian Kompetensi Gagasan Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
2 Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, pendapat, perasaan, fakta  secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,  menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara 1.1 Menang-gapi penje-lasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.



 
Teks penjelasan nara sumber Bersahabat/komunikatif
Cinta tanah air Kepemimpinan
Tanggung jawab Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
Siswa dapat menanggapi pernyataan.
Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber. Mendengarkan penjelasan.
Menananggapi pernyataan.
Menanggapi. penjelasan nara sumber.
Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
Menceriterakan penjelasan nara sumber.
Lisan.
Tertulis Lembar penilaian
Produk Tanggapi-lah  penje-lasan nara sumber!
1x pertemuan
2 x 35 menit Kaset/CD/
TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3.
2.2 Menceri-terakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar . Teks Laporan Hasil Kunjungan Bersahabat/komunikatif
Cinta tanah air Kepemimpinan
Tanggung jawab Siswa dapat memahami laporan hasil kunjungan.
Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan dengan benar.
Siswa dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar.
Siswa dapat menanggapi isi laporan kunjungan.
  Memahami laporan hasil kunjungan.
Membuat laporan hasil kunjungan.
Menyampaikan hasil laporan kunjungan.
Menanggapi isi laporan kunjungan.
Lisan
Tertulis
Portofolio Lembar penilaian
Produk Buatlah laporan hasil kunjungan! 1 x pertemuan
2 x 35 menit Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 85-87
2.3  Berwa-wancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. Teks wawancara Bersahabat/komunikatif
Cinta tanah air Kepemimpinan
Tanggung jawab Siswa dapat memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.
Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber.
Siswa dapat menggunakan kata Tanya dengan tepat.
Siswa dapat membuat kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat.
Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.
Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara..
Melakukan wawancara dengan nara sumber.
Menggunakan kata Tanya dengan tepat dalam kalimat.
Lisan
Tertulis
Penugasan
Portofolio Lembar penilaian
Produk Tulislah daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara! 1 x pertemuan
2 x 35 menit Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 51-54



Mengetahui, Kepala Sekolah
M.Siddiq.Mpd



...............................................
NIP / NIK : Batam, juni, 2014
Guru Bahasa Indonesia



...............................................
NIP / NIK :
 
SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama  Sekolah :  SDI Integral Lukman Al-hakim
Mata  Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif Indikator Pencapaian Kompetensi Gagasan Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
4. Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis 4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.
Teks Karangan Bersahabat/komunikatif
Cinta tanah air Kepemimpinan
Tanggung jawab Siswa dapat menentukan judul karangan.
Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
Siswa dapat menulis karangan berdasar-kan penga-laman.
Siswa dapat membaca karangan yang dibuat.
Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”. Menentukan judul karangan.
Melengkapi bagian awal, tengah, akhir cerita.
Menulis karangan berdasarkan pengalaman.
Membaca karangan yang dibuat sendiri.
Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.

Tertulis
Potofolio Lembar penilaian
Produk Tulislah  karangan berdasar-kan penga-laman! 1 x pertemuan
2 x 35 menit Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 121-124.
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara keagama-an, kegia-tan seko-lah, kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.
Teks Undangan Resmi Bersahabat/komunikatif
Cinta tanah air Kepemimpinan
Tanggung jawab Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.
Memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
Melengkapi surat undangan dengan tepat.
Tertulis
Portofolio Lembar penilaian
Produk Lengkapi-lah surat undangan resmi  dengan tepat!
1 x pertemuan
2 x 35 menit Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 138-140
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya. Teks Dialog Bersahabat/komunikatif
Cinta tanah air Kepemimpinan
Tanggung jawab Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog.
Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.
Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas.
Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda seru ( ! ) Membaca contoh dan kesimpulan dialog.
Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog.
Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
Memperagakan dialog yang dibuat.
Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
Membuat kalimat seru.
Tertulis
Tertulis
Penugasan Lembar penilaian
Produk Tulislah dialog dengan tema yang telah di tentukan berdasar-kan gambar!
Peraga-kanlah percaka-pan dan menyimpulkan isi percakapan! 1 x pertemuan
2 x 35 menit Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 105-108



Mengetahui,
Kepala Sekolah Mustaqim



...............................................
NIP / NIK : Batam, juni, 2014
Guru Bahasa Indonesia



...............................................
NIP / NIK :


0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.