Home » » permasalahan Bahasa

permasalahan Bahasa


BAB I
PEMBAHASAN
            Macam-macam Masalah/problem tata Bahasa pada anak SD kelas 4,5 dan 6 :
1.      Masalah huruf Kafilah di awal kalimat
Pada pelajaran bahasa indonesia ini sangat banyak sekali anak-anak yang tidak mengerti atau paham tentang huruf kafilah di awal kalimat, jadi para anak didik itu menulis dengan huruf kecil semuanya, dan tidak paham apa itu kafilah disini para Guru terkadang tidak menjelaskan dan tidak di praktek kan kepada anak mana mana hurup kafital dan penulisan nama orang atau tempat, ini adalah tugas guru dimana apabila guru tidak menjelaskanya dengan baik maka anak murid tidak akan tahu selamanya.

2.      Masalah tanda titik dan koma
Banyak anak-anak yang tidak tahu dan mengerti dimana meletakkan tanda koma dan tanda titik jadi para siswa itu menulis dengan tanpa tanda titik koma, dan tanda tanya (?) dan lain-lain, disini para guru kurang nya mengadakan prakter menulis dan memiriksa tulisan peserta didiknya benar atau salahnya tulisan peserta didik tersebut. jadi para peserta didik itu mengerti dan paham dengan hal tersebut.

3.      Masalah EYD
Ejaan yang di sempurnakan ini banyak sekali terjadi pada peserta didik khusus nya pada kelas tinggi yang menulis tentang bahasa indonesia tidak sesuai dengan Ejaan yang disempurnakan, terkadang para guru telah mengajarkan hal tersebut kepada siswanya tetapi kurang perhatian siswa itu kepada guru yang sedang mengajar jadi mengakibatkan banyak nya siswa yang tidak mengerti denga hal tersebut, para guru juga kurang memperhatikan dalam permasalahan ini, padahal ini sangat penting untuk diajri dan diketahui oleh peserta didik dan bisa di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari, sehinga para siswa bisa memahami dan mengeti tentang EYD.

4.      Problem mengucapkan kata dengan baik
banyak sekali anak-anak pada kelas tinggi ini mengucapkan kata-kata benda, kerja, dan kata perintah dengan tidak baik dan benar, sehingga dalam engucapkan sesuatu hampir sama dengan bahasa yang sdikit perbedaan dalam tulisan dan banyak perbedaan makna dari arti kata tersebut, pada permasalahan ini, kurang nya kerja keras guru dalam mengajarkan peserta didiknya dalam mengatahui dan mempraktek kan kepada peserta didik, untuk mengetahui apakah siswa tersebut bisa mengucapkan denganbaik atau tidak.

5.      Masalah menyusun kalimat
Banyak sekali para siswa tidak mengerti dan tahu tentang cara menyusunkan kalimat dengan baik dan benar, dan cara menyebutkan bunyi kalimat yang baik dan benar dalam bahasa indonesia dan siswa juga tidak paham dengan kalimat tersebut, kurangnya juga perhatian guru dalam mengevaluasi pelajaran peserta didiknya dan tidak memperhatikan apa yang telah dilakukan para siswa dalam menyusun kalimat.


BAB II
PENUTUP
a)      Kesimpulan
            Mengapa terjadi permasalah atau problem ini di karna dalam mengajar para guru kurang ada nya perhatian khusus kepada anak muridnya, dan sering tidak mau tau dengan permasalahan ini, dan menganggap permasalahan ini adalah masalah yang sepele, begitu juga untuk peserta didik kurangnya perhatian kepada pelajaran, karena pelajaran yang guru sajikan  itu terkadang membosankan dan terkesan kurang menarik, jadi para guru yang mengajar itu harus siap mendi pendidik pengasuh dan pengajar bukan hanya mengajar saja.

            karena pelajaran bahasa pelajaran bahasa indonesia ini sangat penting dan sult untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari,jadi para guru harus mengajarkan keada anak murid itu samapai dia benar-benar paham dan mengerti.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.